MAHLUK-MAHLUK MITOLOGI DI ASIA PART 1


 Kita mengetahui bahwa dunia ini penuh dengan cerita keberadaan mahluk-mahluk atau hewan-hewan aneh yang sebagian besar bersumber dari cerita rakyat (folklore) atau mitologi dan sebagian besar keberadaannya tidak ditemukan ada bukti nyata bahwa mahluk tersebut ada atau memangkah mungkin pernah ada di zaman dahulu, namun sebagian besar mahluk-mahluk itu hanyalah mahluk dongeng sebagai cerita penghantar tidur, yang banyak dijumpai diseluruh belahan dunia. Berikut dibawah ini adalah Mahluk- mahluk Mitologi dari Asia:




BYAKKO

   Byakko adalah hewan mitologis berupa harimau putih yang berasal dari Cina. Hewan ini tergolong salah satu simbol dari empat simbol rasi Cina. Byakko mewakili arah barat, musim gugur, dan unsur besi. Orang-orang Cina, khususnya pada dinasti han, meyakini bahwa harimau adalah raja dari segala hewan.
  Proses Byakko menjadi hewan mitologis tidak terlepas dari legenda yang berkembang di masyarakat Cina, yaitu seekor harimau yang sudah berusia 500 tahun, ekornya akan berubah menjadi putih. Konon, Byakko hanya akan muncul jika raja atau kaisar yang sedang memerintah sangat bijak atau ada kedamaian di seluruh dunia.




FENGHUANG

   Fenghuang adalah burung mitologis yang berasal dari mitologi cina. sebenarnya, nama ini merupakan gabungan dari dua jenis burung, yaitu feng untuk burung jantan dan huang untuk burung betina. akan tetapi,di dunia modern, perbedaan jenis kelamin itu tidak lagi ada, sehingga fenghuang lebih identik dengan kelamin betina.
   Biasanya, fenghuang digambarkan berpasangan dengan naga yang merupakan konotasi dari kelamin jantan. gambaran mengenai fenghuang tidak jauh berbeda dengan burung mitologis lainyaa, yaitu phoenix atau feniks.






GENBU

  Genbu adalah seekorbhewan yang dikenal dalam mitologi jepang. Selain itu, genbu juga dikenal sebagai salah satu penjaga arah mata angin di cina. hewan ini digambarkan sebagai kura-kura berwarna hitam, dengan ular yang melilit tubuhnya. dalam kepercayaan cina, kura-kura sering kali dijadikan sebagai perlambang umur panjang dan kebahagiaan.
  Selain itu, kura-kura dan ular juga diyakini sebagai penyebab terjadinya alam semesta. kura-kura memiliki unsur Yin, sedangkan ular mempunyai unsur Yang. adapun tempurung kura-kura yang kuat dipercaya sebagai alam semesta itu sendiri.


HUANG LONG

  Huang Long adalah hewan yang berasal dari mitologi cina. Nama hewan ini berarti naga kuning. Huang long digambarkan sebagai seekor naga yang tidak memiliki tanduk dan sisiknya berwarna kuning.
  Konon, Huang Long pernah muncul dari sungai Luo, kemudian memberikan peralatan menulis kepada kaisar Fu Xi. Selain itu, dalam kemunculanya tersebut, Huang long juga menutup lubang di langit  yang dibuat oleh monster bernama Kung-Kung.
  Menurut mitologi Cina, aktivitas Huang Long ketika terjaga, tidur, dan bernapas menentukan siang dan malam, serta musim dan cuaca. Selain itu, Huang Long juga diyakini sebagai reinkarnasi abadi dari kaisar Huang Di.


BAKU

  Mitos mengenai Baku berasal dari Jepang. Hewan ini dianggap sebagai mahluk yang bisa memakan mimpi, khususnya mimpi buruk. Meskipun demikian, ada dua pemahaman terkait mitos tentang Baku.
  Pertama, mitos tradisional Jepang menggambarkan Baku sebagai mahluk yang mampu memakan mimpi sekaligus melindungi seseorang dari mimpi buruk. Pemahaman tersebut hampir sama dengan yang ada dalam cerita rakyat Cina.
  Kedua, dalam sebuah manuskrip yang berasal dari abad ke-17, Baku digambarkan sebagai hewan yang memiliki belalai seperti gajah, mata menyerupai badak, ekor seperti banteng, dan rahang mirip harimau. Akan tetapi, Baku tidak digambarkan mempunyai kemampuan memakan mimpi.


MAHLUK MITOLOGI DI ASIA PART 1



2 comments:

Copyright © 2012 marcel'adi blogspot..